12 April 2012

Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Oleh Mahasiswa Universitas Galuh Ciamis

 Rencana Penelitian 

Oleh: Ade Suherman, S.Pd., M.Pd. 

Penelitian ini berjudul: Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Oleh Mahasiswa Universitas Galuh Ciamis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Jumlah mahasiswa Universitas Galuh yang telah memanfaatkan internet sebagai sumber belajar, 2) Alasan yang memotivasi mahasiswa Universitas Galuh memanfaatkan internet sebagai sumber belajar, 3) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat mahasiswa Universitas Galuh memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.

Penelitian ini diharapkan target yang ingin di capai, target tersebut meliputi: 1) Bagi mahasiswa, untuk lebih meningkatkan pemanfaatan teknologi internet sebagai sumber belajar, sehingga mempercepat masa studinya. 2) Bagi Universitas Galuh, sebagai bahan pertimbangan dalam membuat kebijakan dan program kerja yang berkaitan dengan fasilitas sumber belajar. 3) Bagi peneliti, sebagai dorongan untuk lebih meningkatkan penguasaan teknologi informasi sehingga dapat memperbaiki kemampuan dalam mengajar.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif merupakan metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya (Best,1982:119). Penelitian deskriptif juga merupakan penelitian, dimana pengumpulan data untuk mengetes pertanyaan penelitian yang berkaitan dengan keadan dan kejadian sekarang. Mereka melaporkan keadaan objek atau subjek yang diteliti sesuai dengan apa adanya. Penelitian deskriptif pada umumnya dilakukan dengan tujuan utama, yaitu menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik objek dan sobjek yang diteliti secara tepat. Dalam perkembangan akhir-akhir ini, metode penelitian deskriptif juga banyak di lakukan oleh para penelitian karena dua alasan. Pertama, dari pengamatan empiris didapat bahwa sebagian besar laporan penelitian di lakukan dalam bentuk deskriptif. Kedua, metode deskriptif sangat berguna untuk mendapatkan variasi permasalahan yang berkaitan dengan bidang pendidikan maupun tingkah laku manusia.

Kata Kunci:  Internet, sumber belajar, motivasi, kuisioner

Proposal penelitian dapat di unduh Format Microsoft Word Disini

3 comments:

Trigonal said...

mantap penelitiannya Pak

http://miazart.blogspot.com/ said...

nice blognya,,,
cuma tampilan bygronnya masih polos,,,

klik dapat duit said...

Nice share pak
Semoga penelitiannya bermanfaat bagi kita semua

Post a Comment

Bagi Pengunjung dan mengambil data dari Blog ini, Untuk Perbaikan artikel-artikel di atas DIWAJIBKAN BERKOMENTAR, Trms..Wassalam


 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons