12 July 2010

Facebook Berpotensi Picu Kerusuhan

Pemerintah China menuding Amerika Serikat (AS) dan negara barat lainnya menggunakan jejaring sosial seperti Facebook untuk menebar ancaman kerusuhan politik yang membahayakan bagi keamanan negara. Pemerintah China terus berupaya untuk membendung serbuan jejaring sosial di negaranya.
China, yang kini memiliki sekira 400 juta pengguna internet sangat khawatir dengan ancaman-ancaman yang berasal dari dunia maya. Meskipun mereka telah memblokir internet, tapi forum-forum diskusi di internet masih terus berkembang.
Selain Facebook, China juga menilai Twitter yang dianggap telah menjelma sebagai tempat berkumpul para pembangkang politik yang ingin menyuarakan keluhan dan berbagi informasi negatif pemerintah. Meskipun pemerintah melakukan pelarangan secara rutin untuk akses situs seperti Facebook, Twitter dan YouTube, pengguna teknologi cerdas dengan mudah bisa melewati 'China Great Firewall' dengan server proxy atau alternatif lainnya.
Menurut laporan yang dikeluarkan Chinese Academy of Social Sciences, situs jaringan sosial mengancam keamanan negara karena AS dan negara-negara Barat lainnya menggunakan mereka untuk memicu ketidakstabilan situasi.
"Kita harus memperhatikan potensi resiko dan ancaman terhadap keamanan negara sebagai dampak dari popularitas situs jaringan sosial terus tumbuh. Kita harus segera meningkatkan pengawasan terhadap situs jaringan sosial," tulis sebuah laporan bertajuk 'Pengembangan Media Baru China' seperti dilansir SMH, Senin (12/7/2010).

2 comments:

jobs said...

di negara china mang terlalu ketat juga ya mungkin buat keamanan negara
apa lagi china negara maju

nuraeni said...

ada juga yg salah
menggunakan Fb...

Post a Comment

Bagi Pengunjung dan mengambil data dari Blog ini, Untuk Perbaikan artikel-artikel di atas DIWAJIBKAN BERKOMENTAR, Trms..Wassalam

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons