12 July 2010

Penerapan Teknologi Terhadap Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh (PTJJ)


BAB I

PENDAHULUAN


A. Konsep Teknologi Pendidikan terbuka dan Jarak Jauh


Definisi Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh

Salah satu upaya untuk memberikan layanan pendidikan bagi masyarakat yang mengalami kendala tertentu seperti kendala geografis, ekonomi, sosial, maupun keterbatasan waktu adalah melalui undang-undang sistem pendidikan nasional No. 20 tahun 2003 yang mengungkapkan bahwa fungsi pendidikan jarak jauh adalah memebrikan layanan pendidikan kpada kelompok masyarakat yang tidak dapat mengikuti pendidikan secara tatap muka atau register.

Menurut Moore dan Kearsly dalam Setijadi (2005:1) pendidikan jarak jauh adalah belajar yang direncanakan di tempat lain dan di luar tempat mengajar. Oleh karena itu, diperlukan teknik-teknik khusus desain mata pelajaran, teknik-teknik khusus pembelajran, metodologi khusu komunikasi mellaui berbagai media dan penataan organisasi serta administrasi yang khusu pula. Pendidikan jarak jauh dapat diselenggarakan pada semua jalur , jenjang, dan jenis pendidikan (UU sisdiknas tahun 2003). Menurut Setijadi (2005) pendidikan terbuka dan jarak jauh di Indonesia terdiri atas bberapa jenis yaitu :

1.

Pendidikan dasar dan menengah terbuka dan jarak jauh yang terdiri dari SMP/MTs terbuka dan jarak jauh SMA?MA terbuka dan jarak jauh.
2.

Pendidikan terbuka dan jarak jauh pada tingkat Pendidika Tinggi yang salah satu contohnya adalah universitas terbuka.
3.

Pendidikan non formal terbuka dan jarak jauh yang terdiri dari program kesetaraan program paket A<>
4.

pelatihan profesional jarak jauh, contohnya adalah PMJ-PMM (pelatihan Manajemen Jarak Jauh PPM)
5.

pendidikan guru jarak jauh, contoh FKIP universitas terbuka.

Dengan demikian, pada dasarnya pendidikan terbuka dan jarak jauh adakllah jenis pendidika dimana peserta didik berjarak jau dari pendidik, sehingga pendidikan tidak dapat dilakukan dengan cara tatap muka sesering pendidikan reguler. Karena itu penyampaian pesan pendidik kepada peserta didik harus dilakukan melalui media yang berkembang sejalandengan perkembangan teknologi yang semakin maju.

Media tersebut dapat berupa media cetak, radio, televisi, komputer maupu yang sedang berkembang saat ini yaitu internet atau teleconference.


B. Kondisi Real


Teorinya, teknologi yang berkembang saat ini memudahkan kita untuk menyelesaikan masalah pemertaaan pendidikan di Indonesia. Tetapi kenyataannya masalah pemerataan pendidikan di Indonesia belum juga teratasi. Masih banyak peserta didik yang ada di daerah pedalaman yang masih tertinggal pendidikannya dibanding dengan daerah perkotaan. Salah satu alasan terhambatnya pemerataan pendidikan di Indonesia adalah tidak meratanya saran dan prasaran yang digunakan sebagaio media pembelajran. Teknologi yang berkembang belum sepenuhnya merata disalurkan ke seluruh pelossok negeri. Misalnya masih terbatasnya kkomputer yang berjaringan internet di pelosok papua atau daerah pedalaman lain. Dengan keterbatasan pemerataan teknologi itulah pemertaan pendidikan masih menjadi masalah yang serius.


C. Permasalahan dan Rumusan Masalah


Dari kondisi riil diatas maka permasalahan yang akan diangkat adalah Bagaimanakah penerapan teknologi dalam penyelenggaraan pendidikan terbuka dan jarak jauh ?

Secara lebih rinci, rumusan masalah dalam makalah ini adalah :

1.

Teknologi apa sajakah yang cocok diterapkan dalam pendidikan terbuka dan jarak jauh?
2.

Apa sajakah manfaat teknologi tersebut dalam pendidikan terbuka dan jarak jauh ?


BAB II

PEMBAHASAN



Pada penyelengagraan pendidikan terbuka dan jarak jauh, diperlukan teknologi sebagai alat bantu pemerataan pendidikan. Beberapa teknologi pendidikan terbuka dan jarak jauh yang berkembang saat ini antara lain rasio dengan program siaran rasio pendidikan, televisi melalui program TV Edukasi (TV E), komputer dengan jaringan internet yang kemudian digunakan sebagai pembeleajran berbasis e-learning, dan teknologi multimedia lain. Semua teknologi itu jika diguankan pad saeluruh pelosok negeri dapat mengatasi masalah pemerataan pendidikan di Indonesia.

Tetapi kenyataannya, sumber daya daerah yang tidak sama, mmebuat perbedaan kemampuan daerah dalam memenuhi perkembangan teknologi yang maju sangat pesat. Tidak dipungkiri masih banyak daerah yang tertinggal untuk masaalh teknologi. Seharusnya teknologi bukan untuk mmebebani suatu daerah tetapi untuk mempermudah daerah tersebut.

Di bawah ini adalah teknologi yang cocok digunakan dalam pendidikan terbuka dan jarak jauh :

1.

Radio

Radio merupakan salah satu teknologi yang dapat dikatakan cocok digunakan dalam pendidikan terbuka dan jarak jauh dimanapun. Jaringan radio hampir dapat dijangkau oleh seluruh wilayah Indonesia termasuk daerah terpencil. Radio melalui siaran radio pendidikan yang disiarkan atas kerjasama Dians Pendidikan da Pustekom memebrikan kemudahan dalam penyebaran inforamsai yang terkait dengan peningkatan mutu pendidikan. Pada masanya, radio merupakan teknologi yang cukup efektif untkpenyelenggaraan pendidikan terbuka dan jarak jauh. Tetapi siaran radio pendidikan saat ini kurang diminati oleh masrakat karena dianggap kurang menarik dan terkesan monoton.
2.

Televisi

Menurut Skomis (dalam Anwas, 1999) dibandingkan dengan media massa lainnya (radio, surat kabar, majalah, buku, dan lain sebagainya), televisi tampaknya mempunyai siaft istimewa. Televisi merupakan gabungan dari media dengar dan gamabr hidup (enterteinment), pendidikan (educatif), atau bahkan gabungan unsur-unsur tersebut. Skomis (dalam Anwas, 1999) lebih lanjut menegaskan bahwa sebagai inforamsi, televisi emiliki kekuatan yang ampuh (powerful) dalam menyampaiakn pesan. Karena media ini menghadirkan pengalama seolah-olah dialalmi sendiri dengan jangkauan luas (broadcast) dalam waktu bersamaan. Penyamapain isi pesan seolah-olah langsung abnntar komunikator dan komunikan . Pesan-pesan edukatif baik dalam aspek kognitif, afektf dannn psikomotorik bisa dikemas dalam bentuk program televisi. Selain itu jaringan televisi juga dapat dijangkau oleh sebgain besar wilayah di Indonesia termasuk daerah yang terpencil. Dengan mengguankan tekniologi televisi , tujuan penididkan terbuka dan jarak jauh menjadi lebih mudah tercapai apabila dikemas dengan tayanagan yang menarik tetapi edukatif.
3.

Multimedia interaktif

Multimedia menurut Purmanto (2005:151) dapat disebutkan sebagai kombinasi dari berbagai media yang terdiri dari teks, grafis, gambar diam, animasi, suara, dan video. Teknologi yang mendukung meultimedia antara lain adalah komputer, CD-player, TV, VCD-player , radio dll. Multimedia interaktif ini memberikan kemudahan penyebaran informasi yang diahrapkan membuat pendidikan menjadi merata. Teknologhi yang digunakan untuk multimedia interaktif saa ini semakin berkembnag..
4.

Komputer dan jaringa internet

Komputer adalah alat bantu yang luar biasa dapat menyimpan data dan memproses data. Disini komputer dengan jaringan internetnya menyebarluaskan data informasi yang tersimpan dalam komputer.


BAB III
SIMPULAN

A. Simpulan

1.

Teknologi yang cocok diguankan dalam peniddikan terbuka dan jarak jauh :

a. radio

b. televisi

c. multimedia interaktif

d. komputer dan jaringan internet
2.

Teknologi sangat berperan dalam proses pembelajaran terbuka dan jarak jauh tetapi tidak semua teknologi dapat diterapkan di seluruh Indonesia.

B. Saran

1.

Harus dicari teknologi yang cocok dengan sumber daya daerah sehingga teknologi tidak menjadi halangan dalam proses pembelajaran.
2.

Teknologi pendidikan terbuka dan jarak jauh harus tersu berkembang sejalan dengan teknologi yang selalu maju pesat.


DAFTAR PUSTAKA


Anwas, Oos.1999. Antara Televisi, Anak, dan Keluarga (Sebuah Analisis). Jakarta : Pustekkom

Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan . Jakarta : Kencana

Purwanto. 2005. Jejak Langkah Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Jakarta :Pustekkom

Setijadi.2005. Buku Pedoman Pendikan Jarak Jauh. Jakarta : Universiitas Terbuka UU Sistem Pendidikan Nasional tahun 2003

Mata Kuliah : Sistem Belajar Mandiri

Dosen Pengampu : 1. Drs. Wardi

2. Yuli Utanto, S.Pd, M.Pd

Jurusan : Kurikulum dan Teknologi Pendidikan

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Semarang 2009

1 comments:

nuraeni said...

semoga sukses!!!

Post a Comment

Bagi Pengunjung dan mengambil data dari Blog ini, Untuk Perbaikan artikel-artikel di atas DIWAJIBKAN BERKOMENTAR, Trms..Wassalam

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons